Beranda Daerah Kades Woro Gelar Upacara HUT RI Rangkaikan Pemberian Piagam Juara Terbaik, Kepala...

Kades Woro Gelar Upacara HUT RI Rangkaikan Pemberian Piagam Juara Terbaik, Kepala SMPN 2 Madapangga Apresiasi

6
0

BIMA, LintasRakyat.NetPelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 di Lapangan Desa Woro, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Selasa, 17 Agustus 2021 pagi meriah dan khidmat.

Upacara kenaikan sang merah putih dalam memperingati HUT di tengah pandemi COVID-19 tahun ini digelar Pemerintah Desa Woro betajuk “Indonesia Tanggguh Indonesia Tumbuh”.

Turut diikuti Purnawirawan TNI – AD Pelda Muhtar (Mantan Wakil Danramil 1608-02/ Bolo), Pemerintah Desa, BPD dan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) PKK, LPMD, Karang- Taruna, Ketua RT.

Selainnya, juga diikuti Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) lain dan Mahasiswa KKN IAM Bima serta masyarakat penuh dengan protokol kesehatan COVID-19.

Tampak bertindak sebagai inspektur upacara yakni, Kepala Desa Abdul Farid, komandan upacara Babinsa Serda Heri Yanto, pemimpin upacara Bhabinkamtibmas Briptu Agus Supryadin.

Sedangkan pengera bendera merah putih dan paskibraka adalah pelajar SMA kelahiran desa tersebut dan penyanyi Lagu Indonesia Raya yaitu, siswa SMP Negeri 2 Madapangga.

Ajudan inspektur upacara yakni, koordinator Polmas Syarif H. Manan (Mantan Ketua BPD), pembawa acara, Nabila  dan pembacaan doa, Ilyas H. Mansyur

Irup Abdul Farid dalam amanatnya menyampaikan bahwa upacara ini merupakan upacara HUT Kemerdekaan Indonesia ke-76 tahun tepat pada tanggal 17 Agustus 2021.

Dimana upacara ini digelar  tanpa ada instruksi dari pemerintah atas, karena gubernur telah melarang upacara di desa dan kecamatan.

“ini atas inisiatiaf semangat kami sendiri atas kemerdekaan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Upacara ini, kata dia, dengan tujuan mengenang masa- masa pahit atas kemerdekaan yang diproklamirkan oleh dua pendiri bangsa, Bung Karno dan Mohammad Hatta, pada tanggal 17 Agustus 1945.

“Ya, sehingga dengan itu semua kami menggelarnya,” jelas Abdul Farid.

Dia mengaku, upacara memang tidak bisa digelar baik di desa maupun di kecamatan mengingat pandemi COVID-19, sesuai surat edaran Gubernur NTB. Namun, karena ini sebagai wujud semangat atas kemerdekaan sehingga menggelar upacara dengan standar prokes COVID-19 seperti yang masih berlanngsung saat ini.

Dia mengurai beberapa program pembangunan yang dicapai tahun 2021 ini. Pertama, proyek pamsimas, sanitasi WC, pemeliharaan kantor desa dan pembangunan panggung MTQ.

“Capaian itu adalah hasil kerja keras bersama, karena  tanpa dukungan semua pihak, mustahil kades bisa dapat sendiri,” pungkasnya.

Ketua Panitia HUT Ababakar H. Abidin membenarkan pelaksanaan upacara tadi benar seperti disampaikan inspektur tadi, bahwa upacara dilakukan benar- benar mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

“Alhamdulillah seluruh peserta upacara memakai masker dengan menjaga jarak diatur prokes COVID-19,” kata Abubakar.

Dia mengatakan upacara ini atas inisiatif kades bersama jajaran dan semua pihaknya.

Memang benar ada surat Gubernur NTB melarang upacara di desa dan di kecamatan, namun karena semangat kemerdekaan, kades tidak ingin lewati begitu saja, sehingga kades ini pun bekomitmen untuk menggelarnya dengan prokes kesehatan COVID-19.

“Ya, dengan dasar itulah akhirnya pucuk pimpinan desa kami ini bertekad menggelar upacara dan patut diapresiasi,” jelasnya.

Dia juga mengaku haru atas pelaksanaan upacara dalam memperingati detik- detik kemerdekaan Indonesia di tahun 2021 ini.

“Kami terharu karena pelaksanaan upacara yang barusan selesai dengan penuh meriah dan khidmat. Semoga ke depan jauh lebih meriah lagi,” pungkas Abubakar yang berprofesi sebagai Kepala SDN Inpres 1 Woro.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 2 Madapangga Syafruddin menyampaikan apresiasi kepada kades yang bersama jajaran dan elemen masyarakatnya.

Menurut dia, upacara diprakarsai secara otonomi ksdes ini luar biasa. Masyarakat sangat antusias mengikutinya. Mulai dari organisasi pemerintah desa hingga organisasi kemasyarakatan desanya.

“Kami sangat terharu bahkan tangisan hati rasanya tidak tertahan saat upacara dimulai hingga selesai,” kata Syafruddin.

Dia menyebut siswa yang menjadi regu penyanyi dalam upacara tahun ini adalah siswa SMPN 2 Madapangga yang dilatih dalam kurun waktu beberapa hari saja, karena adanya informasi dari Kepala Desa Woro bahwa group drumband tidak jadi dilibatkan.

“Setelah kami koordinasikan dengan Kades Woro atas informasi tersebut dan akhirnya kami siapkan anak- anak ini sebagai penyanyi lagu kebangsaan Indonesia raya,” jelasnya.

Dia pun berharap semoga di upacara ke depan masyarakat lebih antusias lagi, karena ini adalah perayaan HUT atas kemerdekaan Indonesia yang harus dikenang sepanjang masa.

“Saya berharap semoga dengan upacara HUT ini kita terus meningkatkan nilai- nilai kemerdekaan atas perjuangan bangsa Indonenesia masa itu,” tutup Syafruddin.

Senada disampaikan seorang peraih prestasi terbaik dalam lomba Azan antar musala dan masjid.

Muazin Musala Banaul Yaqin Muhammad H. Ismail menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan upacara peringatan HUT Kemerdekaan tahun ini yang menurutnya benar- benar meriah.

Pria yang mengembang kemampuan secara otodidat kelahiran Rasabou itu menilai upacara tahun 2021 ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Upacara tahun ini selain masyarakat sangat antusias, juga dirangkaikan penyerahan hadiah prestasi sesuai kategori dilombakan kepala desa selama membantu program pemerintah desa selama ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada kades atas penilaian terhadap kinerja kami dalam mengemban tugas diberikan dan kami akan tetap menjaga amanah ini penuh dengan loyalitas,” kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua RT 22 itu.

Pantuan Lintasrakayat.net usai upacara, Inspektur Upacara menyerahkan hadiah berupa piagam penghargaan dan santunan masing- masing kepada peraih juara terbaik sesuai kategori dilombakan mulai dari Ketua RT, Kelompok Tani, Imam Masjid, Imam Musala, Muazin Masjid, Muazin Musala, Marbot Masjid, Khatib 2 Masjid, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pendidik dan Tokoh Wanita.(LKD). (FEN)

Artikel sebelumyaKades Woro Gelar Gladi Bersih Upacara HUT RI Ke-76 Tahun 2021
Artikel berikutnyaLP- KPK Bima Menduga PT. Tukad Mas Korupsi Proyek Pemeliharaan dan Peningkatan Jalan di Beberapa Kecamatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here