Beranda Nasional Peringati Hari Pancasila, BEM Fakultas Hukum Universitas Nusa Nipa Gelar Apel &...

Peringati Hari Pancasila, BEM Fakultas Hukum Universitas Nusa Nipa Gelar Apel & Nobar

5
0

MAUMERE, LintasRakyat.Net – Memperingati Hari Pancasila Badan Eksekutif Mahasiswa Falkutas Hukum Universitas Nusa Nipa Indonesia menggelar apel bersama dan nonton bareng di Halaman Kantor Camat Kewapante

Camat Kewapante Alfons Naga SP Memimpin Upacara dalam apel bendera memperingati Hari Lahir Pancasila di Halaman Kantor Camat Kewapante,1 Juni 2021.

Dalam kesempatan itu, Alfons Naga mengatakan apel peringatan Hari Lahir Pancasila di kecamatan kewapante memiliki makna penting untuk melihat kembali sejarah lahirnya Pancasila yang diprakarsai tokoh nasional, Sukarno. Ia menyinggung bahwa Sukarno pernah diasingkan di Pulau Flores tepatnya di Kota Ende pada tahun 1934-1938.

“Api dan semangat yang ada di Kota Ende, Bung Karno bisa melihat detak dan denyut napas seluruh Nusantara sehingga melahirkan Pancasila,” ungkapnya.

Ia mengajak generasi muda yang hadir berani berimajinasi dan mempunyai impian besar seperti yang disebutkan Soekarno terhadap para generasi muda bangsa Indonesia, dari imajinasi dan impian itu, generasi muda harus punya konsepsi, gagasan-gagasan, dan ide untuk membangun bangsa dan negara berdasarkan Pancasila.

“Saya sangat terharu dan juga berterima kasih sekali kepada Mahasiswa Falkutas Hukum Universitas Nusa Nipa Indonesia yang telah memperkasai kegiatan ini. Selama saya menjabat di beberapa wilayah ini baru yang pertama terjadi Kecamatan Kewapante.

Marianus Duka Mali Selaku Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Falkutas Hukum Universitas Nusa Nipa Indonesia dalam sambutan mengatakan kita tau Pancasila adalah ideologi bangsa dan Negara Indonesia yang menjadi kekuatan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini.

“Ya, mengapa kami adakan nonton bareng film bung Karno di Ende karena kita tau Ende Kota saksi sejarah perenugan bung Karno untuk melahirkan Pancasila yang menjadi ideologi bangsa saat ini, sebagai generasi muda kita diwajibkan untuk menjaga marwah Pancasila,” terangnya.

Bung Karno pernah berpesan jangan sekali Engkau melupakan sejarah karena bangsa yang besar yang tidak akan pernah lupa dengan sejarah itu, maka sudah layak dan sepantasnya kita menggikuti, mengamati, dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila yang terkandung di dalamnya.

“Saya juga berharap agar masyarakat dan generasi muda menyadari pentingnya nilai Pancasila karena dapat mempersatukan berbagai macam keberagaman, suku, bangsa dan ras,” tuturnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu Camat Kewapante Alfonsius Naga,Kapolsek Kewapante IPTU Yance Yauri Kardiaman, Bapak Kaprodi Falkutas Hukum Marcelus Moses Parera SH.,MH dan Mahasiswa Falkutas Hukum Universitas Nusa Nipa Indonesia. (Mardat- LR)

Artikel sebelumyaPPK OP SDA- IV Bidom Letakan Batu Pertama Irigasi di Desa Npuri
Artikel berikutnyaKades Woro Gandeng Babinsa Letakan Batu Pertama Saluran Irigasi So Tolo Mpungga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here