Beranda Daerah Jaga Kekompakan, Anggota TMMD Kodim 1608/Bima Manfaatkan Waktu Istirahat Ngobrol Bersama Warga

Jaga Kekompakan, Anggota TMMD Kodim 1608/Bima Manfaatkan Waktu Istirahat Ngobrol Bersama Warga

3
0

Foto : Anggota Satgas TMMD Regulel ke -110 Tahun 2021 Kodim 1608/Bima saat istirahat bersama masyarakat

Penulis : Muhtar alias Habe

BIMA, LintasRakyat.Net – Anggota Satuan Tugas TNI TMMD ke-110 Tahun 2021 Kodim 1608/Bima, tampak terlihat tidak hanya kompak dalam melaksanakan program fisik dan non fisik yang menjadi sasaran program TMMD, namun tampak juga selalu menjaga kekompakan dan merajut kebersamaan dengan masyarakat.

Hal tersebut terlihat Anggota Satgas TMMD manfaatkan waktu istrahatnya untuk duduk berkumpul, ngobrol, becanda gurau, sharing, dan berbagi pengalaman sembari menunggu waktu istirahat selesai agar kembali bekerja.

Kedekatan dan kecintaan Anggota Satgas TMMD Kodim 1608/ Bima terhadap masyarakat seakan tidak ada jarak pemisah karena jabatan, pangkat, status sosialnya, dan lain- lainnya.

Komandan Kodim 1608/Bima Letkol Infanteri Teuku Mustafa Kamal mengatakan, kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 110 Tahun Anggaran 2021, yang dipusatkan di Wilayah Teritorial Koramil 1608-07/Monta, yakni di Desa Nontotera, Desa Waro, dan Desa Tolouwi, yang dibuka pada Selasa (2/3) lalu, itu berdasarkan Peraturan Mendagri Nomor 39 Tahun 2012.

Selain Permendagri, kata pria melati dua itu, dasar hukum lainya adalah surat telegram Pangdam IX/Udayana. Selaku PKO TMMD Nomor STR/86 tanggal 24 Februari 2021 tentang pelaksanaan operasional kegiatan TMMD ke-110 Tahun 2021.

“Ya, Pra TMMD telah dilakukan pada 24 Februari sampai 1 Maret 2021. Sedangkan pelaksanaannya sudah dimulai tanggal 2 Maret 2021. TMMD selama satu bulan yakni per 31 Maret 2021,”ungkap Dandim, Sabtu (13/3).

Mantan Danyonif Raidersus 744/SYB itu menuturkan, untuk mendukung susksesnya pelaksanaan TMMD, 159 personel telah diturunkan sebagaima disampaikan dalam sambutan pada upacara pembukaan TMMD di Aula Sidang Utama Bupati Bima, tepat di Wilayah Desa Dadibou, Kecamatan Woha, Selasa (2/3) kemarin.

Menurutnya, personel yang selalu siaga di Posko TMMD itu untuk menyelesaikan dua sasaran program yaitu program fisik dan non fisik. Personel mengerjakan sasaran fisik ialah pembangunan jalan Tani Desa Nontotera dan pembangunan satu unit pospam terpadu, pembangunan 5 unit duiker dan pemasangan keramik, pintu, jendela, dan plesteran dinding Masjid Al-Muttaqin di Desa  Tolouwi, serta pembangunan tempat wudhu dan MCK Masjid Nurul Hidayah di Desa Waro.

Sedangkan sasaran non fisik yaitu melakukan sosialisasi protokol kesehatan COVID-19 dan vaksin, penyuluhan hukum tentang bahaya narkoba, penyuluhan wawasan kebangsaan (Wasbang) dan bela negara (Belneg), penyuluhan tentang penghijauan lahan dan hutan, pelayanan posyandu dan KB kesehatan, dan sosialisasi posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular), sosialisasi tentang kesehatan reproduksi dan stunting bagi pasangan usia subur, ibu hamil, bayi dan balita, dan pelaksanaan sembako dan bazar murah.

“Ya, sampai hari ke- 11 TMMD ini luar biasa antusias masyarakat Monta. Masyarakat di sana benar- benar merasa berterima kasih adanya program TMMD. Mudahan pelaksanaannya sesuai harapan bersama,”pungkas pria yang lugas dan komunikatif itu.

Artikel sebelumyaPapan Informasi Tidak Ada, Seret Kontraktor PT. Tukad Mas
Artikel berikutnyaPresma BEM STTM: Vaksin Aman & Halal Untuk Bangsa Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here