Beranda Daerah Perketat Prokes, Polresta Mataram Sediakan Layanan Zoom Meeting Besuk Tahanan

Perketat Prokes, Polresta Mataram Sediakan Layanan Zoom Meeting Besuk Tahanan

3
0

Foto Polres Mataram bersama tahanan

Penulis : Adi Bravo

Editor : Muhammad Aris

MATARAM, LintasRakyat.Net-Satuan Tahanan dan Barang-Bukti (Sat Tahti) Polresta Mataram melaunching inovasi barunya yaitu layanan zoom meeting untuk besuk tahanan, Selasa, 2 Maret 2021.

Terobosan langsung dari Kapolres Mataram tersebut didasari oleh situasi pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai dan mengingat dibatasinya pertemuan tatap muka untuk keluarga tahanan yang datang membesuk.

Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi saat dikonfirmasi oleh awak media, Jumat (12/3) di ruang kerjanya menjelaskan, bahwa pihaknya melalui inovasi tersebut ingin menerapkan aturan ketat untuk menjaga dan menjalankan protokol kesehatan.

“Tidak ada pertemuan tatap muka atau pertemuan langsung tahanan dengan keluarganya karena masih pandemi. Kita berikan layanan zoom meeting sebagai gantinya untuk penerapan protokol kesehatan,” ungkap Kapolresta Mataram.

Kombes Heri menerangkan, bahwa layanan tersebut jelas peruntukannya bagi keluarga tahanan yang ingin berkomunikasi dan sistem atau cara kerjanya tidak lah sulit. Pihak keluarga terlebih dahulu mendaftar ke Sat Tahti melalui nomor yang sudah ditentukan.

Setelah melakukan registrasi, layanan ini diberlakukan dan dibuka dua kali sepekan. Yakni
di hari Selasa dan Jumat. Untuk hari Selasa mulai pukul 09.00 sampai pukul 13:00 WITA. Sedangkan Jumat mulai pukul 09.00 sampai pukul 11:00 WITA.

“Ya, layanan dibuka saat perayaan hari keagamaan mulai pukul 09.00 sampai pukul 12:00 WITA,”katanya.

Menurut dia, layanan ini juga untuk mendukung zona integritas yang terus digaungkan Polresta Mataram di masa pandemi ini.

“Sehingga tahanan dan keluarga sudah tidak diperbolehkan bertemu secara langsung. Sedangkan untuk menitipkan makanan masih diperbolehkan. Caranya dengan melapor dan dititip ke SKPT Polresta Mataram,”terangnya.

Sementara itu, Kasat Tahti Polresta Mataram IPTU I Made Sudarsa diruang kerjanya mengungkapkan tehnis pengoperasian layanan zoom meeting ini.

Dua nomor disiapkan Sat Tahti untuk registrasi pihak keluarga. Tahanan tetap menggunakan baju tahanan setelah tersambung dengan keluarga. Kepolisian menyediakan layar monitor 20 inci untuk layanan zoom meeting ini.

“Selama zoom meeting, tahanan diawasi secara ketat oleh dua orang petugas. Setelah menggunakan baju tahanan. Tahanannya kita keluarkan di ruang tengah rutan Polresta Mataram,” bebernya.

Waktu yang disediakan hanya 15 menit untuk satu orang tahanan. Setelah selesai, petugas menggantinya dengan keluarga tahanan lainnya yang sudah registrasi.

“Waktunya 15 menit untuk satu orang tahanan. Ini sudah lebih dari cukup,”tuturnya.

IPTU Made Sudarsa menambahkan, bahwa layanan ini menjadi sarana para tahanan berkomunikasi langsung dengan keluarga untuk mengobati kerinduan dengan keluarga besarnya.

“Semua keluarga tahanan memberikan tanggapan positif. Layanan ini akan terus kita kembangkan lagi. Ini masih pandemi jadi belum boleh tatap muka secara langsung,” pungkasnya.

Artikel sebelumyaTiga Gedung Kemenag NTB Diresmikan, Menag RI Minta Dikelola Secara Maksimal
Artikel berikutnyaPemerintah Kota Mataram Gelar Isra Miraj, TGH. Mujiburrahman Jadi Penceramah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here