Beranda Nasional Transisi Anak Dari TK/R.A Ke SD Membutuhkan Banyak Persiapan

Transisi Anak Dari TK/R.A Ke SD Membutuhkan Banyak Persiapan

4
0

Foto Bintang Cilik Prabowo Zulfianto

Penulis : Zul

JAKARTA, LintasRakyat.Net-Tahun Ajaran baru 2021-2022 segera bergulir. Salah satu jenjang pendidikan anak yang paling penting adalah taman kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD). Di kedua jenjang pendidikan ini, anak itu membutuhkan persiapan lebih matang lagi termasuk nilai -nilai dasar agama serta mental.

Nah, sebentar lagi salah satu bintang cilik Prabowo Zulfianto akan masuk Sekolah Dasar (SD)? Bagaimana ya, interaksinya dengan kawan barunya, lingkungan baru, guru baru, cara belajar yang baru yang lebih formal dan tingkatan kesulitan lebih bervariasi. Mari kita persiapkan segala sesuatunya agar anak kita lebih siap menghadapi.

Nah, di usia 5-6 tahun atau masa Taman Kanak-kanak B (RA/TK B), seperti halnya salah satu bintang cilik Prabowo Zulfianto Santri R.A Ponpes Alfalah Tunggulo ini merupakan masa sensitif bagi anak di usianya dalam menerima berbagai macam rangsangan serta persiapan dari jenjang RA/TK ke jenjang (SD) Sekolah Dasar.

Pada usia seperti Prabowo Zulfianto usiannya 6 tahun itu merupakan masa sensitif dalam menerima berbagai rangsangan. Bahkan anak anak mengalami pertumbuhan sel jaringan otak sebesar 80%. Oleh karenanya, masa sensitif ini adalah masa yang tepat untuk memberikan berbagai rangsangan pendidikan dalam membantu pertumbuhan dan perkembangannya.

Pada Usia bintang cilik itu tersebut sangat tepat untuk memberikan berbagai rangsangan pendidikan dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani apalagi nilai-nilai dasar Agama itu paling Utama.

Hal ini bertujuan agar anak memiliki kesiapan belajar dalam memasuki pendidikan mereka selanjutnya yaitu ke tingkat SD. Di antara persiapan tersebut adalah perkembangan dasar nilai-nilai agama dan mentalnya.

Banyak penyebab anak tidak mampu untuk menangkap pelajaran dengan maksimal ketika nilai nilai dasar agama dan mental mereka belum siap.

Namun, jika kesiapan mental anak sudah dinilai siap, lakukan persiapan jangka panjang sebagai bentuk dukungan kepada anak dan Kegunaan mempersiapkan pendidikan lanjutan dari TK ke SD, sebagai orang tua, harus memahami kondisi anak apakah memang sudah siap untuk menginjak pendidikan di bangku SD mendatang.

Apakah usianya sudah cukup, apakah kondisi psikologisnya sudah siap dan begitu banyak pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum menjalani pendidikan di bangku SD tersebut. Usia merupakan salah satu hal yang indikator termudah untuk mengetahui kesiapan anak untuk masuk ke jenjang SD.

Maka itu banyak sekolah yang memberi patokan usia masuk SD. Barulah setelah anak masuk SD anak dapat diketahui kesiapannya melalui pengamatan apakah anak mandiri saat melakukan kegiatan belajar dan bertanggung jawab dalam keperluannya.

Untuk itu, kesiapan belajar anak sangatlah penting untuk disiapkan sejak usia TK/R.A, dan agar mencapai pembelajaran yang efektif, perlu upaya untuk menciptakan dan mengelola kelas yang menyenangkan bagi anak dalam melakukan berbagai aktivitas pembelajaran.

Artikel sebelumyaWali Kota Mataram Pimpin Rakor Penanganan Sampah
Artikel berikutnyaTinjau Rehab-Rekon di KLU, Wagub Apresiasi Proyek PETRA Dikerjakan UNDP di Wilayah NTB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here