Beranda Daerah Cegah Banjir, Bhabinkamtibmas Kekalik Jaya Bersih-bersih Kali Ancar

Cegah Banjir, Bhabinkamtibmas Kekalik Jaya Bersih-bersih Kali Ancar

4
0

MATARAM, LimtasRakyat.Net – Bhabinkamtibmas tidak hanya difungsikan untuk menjaga dan memelihara kamtibmas di wilayah binaannya. Tapi juga turut membantu dan terlibat dikegiatan sosial warga masyarakatnya. Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Kekalik Jaya Brigadir Husni Tamrin. Bersama masyarakat dan pemerintah melaksanakan giat gotong royong membersihkan Bantaran Kali Ancar, Kekalik Jaya.

Kegiatan ini melibatkan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kecamatan Sekarbela Kota Mataram, Lurah Kekalik Jaya, Pramuka Nusa Tenggara Barat dan dibantu Mahasiswa Unram yang melaksanakan KKN. Serta diikuti masyarakat yang tinggal disekitar bantaran kali Kekalik Jaya.

Gotong royong ini dilaksanakan Minggu (21/02/2021) mulai pukul 07.40 Wita. Kegiatan tersebut mengambil tema “SOPA BERLIAN” (Sopo ate bersih lingkungan).

Gotong royong dimulai, Bhabinkamtibmas Kelurahan Kekalik Jaya, Brigadir Husni Tamrin langsung terjun bersama-sama warga, mahasiswa KKN Unram, Dinas Lingkungan Hidup, staf Kecamatan, Lurah Kekalik Jaya bersama staf dalam kegiatan gotong royong di Bantaran Kali Kekalik Jaya.

” Kegiatan ini tujuannya untuk membersihkan sampah yang berada di bantaran kali. Gunanya itu mencegah terjadinya luapan air kali yang bisa menyebabkan banjir di Kelurahan Kekalik Jaya,” ungkap Brigadir Husni Tamrin.

Mengingat cuaca saat ini dengan curah hujan yang masih tinggi. Juga disertai dengan angin kencang. Bantaran Kali Kekalik Jaya dibersihkan. Selain untuk menghindari terjadinya luapan air kali yang dapat menimbulkan banjir juga untuk menjaga kebersihan kali.

“Sampah-sampah yang berada di Bantaran Kali diangkat keatas Bantaran Kali untuk selanjutnya dinaikan kedalam mobil pengangkut sampah dan dibuang ketempat pembuangan sampah. Sampah-sampah yg berada di Bantaran Kali Kekalik Jaya tersebut kebanyakan sampah plastik yang dibuang oleh warga ke kali,” bebernya.

Setelah kegiatan gotong royong selesai. Bhabinkamtibmas Kelurahan Kekalik Jaya, Brigadir Husni Tamrin mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah ke kali.

“Karena akan menimbulkan tumpukan sampah di Bantaran Kali dan bisa menimbulkan banjir dikarenakan air kali meluap,” harapnya.

Dikesempatan itu, Brigadir Husni Tamrin tak lupa untuk terus mengingatkan masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan. Caranya dengan tetap.menggunakan masker. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak dan mematuhi peraturan Perda Nomor 7 tahun 2020 tentang penanggulangan penyakit menular.

“Dengan mematuhi protokol kesehatan. Kita bersama-sama menekan penyebaran Covid-19,” katanya.(Adbravo-LR)

Artikel sebelumyaKreatif dan Inovatif, Lurah Mataram Barat Luncurkan Program Rumpil Inges
Artikel berikutnyaTabrak Sapi, Pengendara Motor Supardin Nusa Jaya Kritis di RSUD Dompu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here