Beranda Nasional Wapres Ma’ruf Amin : Vaksinasi Corona Adalah Fardu Kifayah dan Berdosa Kalau...

Wapres Ma’ruf Amin : Vaksinasi Corona Adalah Fardu Kifayah dan Berdosa Kalau Kita Tolak

4
0

JAKARTA, Lintasrakyat.Net – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakannya hukum dari pada Vaksinasi Corona adalah Fardu Kifayah, berdosa jika ada rakyat menolaknya. Hal itu disampaikan Ma’ruf setelah menerima suntikan dosis pertama vaksin corona buatan Sinovac, CoronaVac. Penyuntikan dilakukan di Pendopo Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (17/2/2021) pagi tadi.

Kalau menurut pandangan agama kita ini fardu kifayah, wajib untuk melakukan vaksin itu. Karena ini dalam rangka bahasa Kiainya itu Alithiraj Annilwaba, menjaga dari pada penyakit itu hukumnya wajib,” ujar Ma’ruf kepada awak media salah satunya Lintasrakyat.Net, Rabu (17/2).

“Wajibnya sampai kapan? Sampai nanti tercapainya herd immunity itu, sampai 70 persen tervaksin baru gugur kewajibannya,” sambungnya.

Bila tujuan herd immunity belum tercapai namun banyak masyarakat yang enggan untuk menerima vaksin, Ma’ruf menyebut mereka sebagai orang yang berdosa. Namun, kata Ma’ruf, hukum itu dikecualikan bagi mereka – mereka yang memang sudah tergolong tidak direkomendasikan menerima vaksin.

“Kalau belum tercapai itu dia belum hilang kewajibannya, kalau dia tidak melaksanakan itu berdosa, bagi dia yang tidak bermasalah untuk divaksin kecuali yang memang ada sesuatu yang tidak boleh divaksin,” ucap Ma’ruf.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh rakyat Indonesia secara sukarela disuntik vaksin, mengingat pandemi corona belum diketahui berakhir sampai kapan. Ma’ruf menegaskan vaksin corona aman dan dapat memunculkan kekebalan komunitas terhadap ancaman corona.

“Saya ajak semua mari kita ikut melaksanakan vaksinasi,karena ini diharapkan untuk bisa supaya seluruh masyarakat Indonesia mengalami kekebalan terhadap COVID ini karena kita belum tahu COVID ini sampai kapan,” ucap Ma’ruf.

Saya mengajak semua untuk bersama-sama supaya kita kebal menghadapi COVID-19. Insyaallah bangsa kita aman dan terlepas dari bahaya COVID-19.

Wapres Ma’ruf Amin menegaskan pula bahwa vaksinasi corona bersifat wajib bagi seluruh rakyat Indonesia. Bahkan menurut pandangan agama, Ma’ruf mengatakan, vaksinasi hukumnya fardu kifayah hingga kekebalan komunitas atau herd immunity dapat tercapai.

Pantuan Lintasrakyat.Net Sementara itu, Menkes Budi Gunadi saat mendampingi
Ma’ruf, mengapresiasi langkah vaksinasi ini.
Ia berharap ke depan tidak ada lagi keraguan terhadap efek dan manfaat daripada vaksin, khususnya untuk para lansia.

“Karena memang program pemerintah sesudah vaksinasi tenaga kesehatan tahap selanjutnya adalah vaksinasi ke lansia jadi para senior-senior kita untuk bisa melindungi mereka,” jelasnya.

“Pak Wapres memberikan contoh yang sangat baik bagi para lansia di Indonesia, mudah-mudahan bisa diikuti oleh para senior-senior kita di Indonesia tercinta. Ingat bagi rakyat yang menolak maka berdosa dan wajib di kenakan Denda,” pungkasnya. (Zul-LR)

Artikel sebelumyaKuasa Hukum Syafru-Adi Dalilkan Pelanggaran TSM, MK Tolak Seluruh Permohonan
Artikel berikutnyaPelantikan Kepala Daerah Se NTB Diundur, PLH Terima Jabatan Dari Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Mataram Periode 2016-2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here