Beranda Headline Tolak Vaksin Covid-19, Tak Dapat Bansos Hingga Akhir Periode

Tolak Vaksin Covid-19, Tak Dapat Bansos Hingga Akhir Periode

4
0

JAKARTA, LintasRakyat.Net – Warga masyarakat penerima vaksin Covid-19 menolak atau mangkir vaksinasi takkan mendapat program bantuan sosial (Bansos) hingga akhir periode.

“Ya, semuanya tidak diberi program dicanangkan pemerintah ini. Tidak hanya bansos, jaminan sosial dan layanan administrasi pemerintahan lainnya juga bisa ditunda. Bahkan, akan segera dihentikan. Jika masyarakat itu menolak vaksinasi,”ungkap Presiden RI, Joko Widodo, Sabtu (13/2/2021).

Jokowi mengatakan, Dream – Pemerintah semakin keras dalam pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 di Indonesia yang ditargetkan menyasar ratusan juta penduduk.

Dalam beleid terbaru, kata Jokowi, penerima vaksin yang tak mengikuti program vaksinasi bisa ditunda menerima bantuan jaminan sosial atau bantuan sosial lainnya.

“Ya, tak hanya itu, pemerintah juga bisa melakukan penundaan atau penghentian layanan administrasi kepada masyarakat yang tak mengikuti program vaksinasi,”tegasnya.

Jokowi menyebut, dalam ketentuan keras tersebut tertuang dalam Perpres Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 99 Tahun 2020 tentang pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Lalu penerima vaksin wajib ikut vaksinasi Covid-19, menurut beleid yang sudah ditandatangani pada 9 Februari 2021 itu terdapat banyak perubahan dalam ketentuan pengadaan dan program vaksinasi Covid-19.

“Ya, khusus mengenai ketentuan penghentian bansos dan jaminan sosial tertuang dalam pasal 13 A ayat 3. Pasal 13 A ini merupakan sisipan di antara pasal 13 dan 14 Perpress sebelumnya,”terangnya.

Dia menambahkan, kemudian lagi seperti dalam pasal 13 A ayat 1 tertuang tentang Kementerian Kesehatan yang bertugas melakukan pendataan dan sasaran.

Penerima vaksin Covid-19. Sementara ayat 2 dari pasal tersebut mengamanatkan kewajiban sasaran penerima vaksin untuk mengikuti program vaksinasi.

Sementara sanksi terhadap masyarakat penerima vaksin yang tidak mengikuti vaksinasi diatur dalam butir C dari pasal tersebut.

“Terakhir, pemerintah bisa mengenakan denda kepada masyarakat yang abai dengan imbauan vaksinasi,”pungkas Jokowi. (Zulkarnain – LR)

Artikel sebelumyaRoger Danuarta : Imlek Tidak Ada Hubungan Dengan Agama
Artikel berikutnyaTerancam Gagal Panen, Seorang Petani Asal Soritangga Nekat Akhiri Hidup Dengan Lanatte

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here