Beranda Daerah Rayakan HPN, Polda NTB Gelar Penandatanganan PKT Dengan LKBN Antara Bersama Insan...

Rayakan HPN, Polda NTB Gelar Penandatanganan PKT Dengan LKBN Antara Bersama Insan Pers

3
0

MATARAM, LintasRakyat.Net –Polda NTB menggelar penandatanganan PKT dengan LKBN Antara sekaligus merayakan HPN bersama insan Pers. Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB), merayakan hari Pers Nasional bersama insan Pers NTB dan Pejabat Utama (PJU) Polda NTB di Lapangan Hanggar Polda NTB, Kota Mataram, Rabu (11/2/2021) pagi.

Acara diawali penandatangan pedoman kerja tekhnis antara bidang Humas Polda NTB, dengan LKBN Antara Biro NTB, dan dilanjutkan dengan pemberian ucapan oleh Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H, kepada segenap insan Pers, dan Kabid Humas Polda NTB, karena telah berhasil menjalin kerja sama dengan baik antara Polda NTB, dengan Pers, yang ada di NTB.

Penandatanganan PKT Polda NTB, dengan Perum LKBN Antara Biro NTB ini, merupakan tindak lanjut kerja sama yang telah dibubuhkan dalam nota kesepahaman atau Memorandum Of Understanding (MoU) antara Divisi Humas Polri, dengan Perum LKBN Antara, di Gedung Wisma Antara, Jakarta, 4 Desember 2019.

Karena itu, Irjen Iqbal mengharapkan kepada seluruh pejabat utama (PJU) Polda NTB, dan seluruh Polres jajaran, memanfaatkan kerja sama ini dengan baik.

“Ini hal baik, hal strategis, dan progresif menurut saya. Karenanya, PJU, dan seluruh Kapolres, saya minta secara teknis untuk segera lakukan kajian, dan masukan informasi di sini (kanal ‘polisi menyapa’) agar kesempatan yang ada hari ini tidak sia-sia, dan dapat terus berkembang,” ujar Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal S.I.K, MH, saat menyampaikan sambutan pada acara peringatan HPN, Rabu.

MoU tersebut, berisi kesepakatan kedua belah pihak dalam pemanfaatan potensi, dan kompetensi di bidang kehumasan.

Turut hadir Wakapolda NTB, Irwasda Polda NTB, segenap Pejabat Utama (PJU) yang ada di Polda NTB, dan Polres jajaran, yang mengikuti video conference, Kepala LKBN Antara Biro NTB, dan beberapa awak media pada acara tersebut.

Iqbal mengucapkan selamat hari Pers, untuk seluruh insan Pers, di depan Pejabat Utama Polda NTB, dan Polres jajarannya, serta mengucapkan terima kasih kepada segenap insan pers, yang ada di NTB, karena telah memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Terlebih bagi pihak Kepolisian Polda NTB, dan jajarannya.

“Ya, meski di tengah vandemi, Pers masih bisa berbuat untuk masyarakat, mengutip kata-kata dari gubernur NTB, secerca harapan di tengah ruang yang gelap,” ungkapnya di sela pidatonya saat memberi sambutan pada acara perayaan HPN.

Menyindir masalah Pandemi Covid-19, Iqbal mengatakan bahwa Pandemi ini tidak akan pernah selesai. Meski demikian, ia berharap Pandemi ini menjadi penyakit yang biasa.

“Ya, Pandemi ini tidak akan bisa hilang, namun diharapkan jadi Pandemic penyakit yang biasa. Seperti penyakit yang lainnya,” harap Iqbal.

Dia cukup berbangga dengan insan media, yang selalu berbuat untuk masyarakat di tengah Pandemi seperti sekarang ini. Selain itu, ia juga mengungkapkan rasa bangganya kepada Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto S.I.K, karena telah berhasil menjalin hububungan baik dengan media, di tengah keterbatasannya.

“Terima kasih Kombes Pol Artanto,”ucapnya.

Kedekatan Artanto dengan media, tidak diragukan lagi. Kedekatan Kabid Humas, dengan media dianggap penting oleh Iqbal, sebab jendela dunia adalah media.

“Jadi, apapun yang kita kerjakan tidak akan terlihat oleh siapa pun kalau tidak ada keterlibatan media,” ujarnya.

Sebaliknya, jika tidak menjaga hubungan baik dengan media yang akan terlihat hanya yang jelek saja.

“Bayangkan sekian juta warga NTB, jika membaca berita yang jelek maka seketika itu akan berubah imagenya, jika yang diberitakan baik maka baik pula Image yang didapat oleh pihak tersebut. Terlebih pihak Kepolisian di NTB,” ungkapnya.

Dia melihat bahwa fungsi humas yang paling penting di tubuh Polri, dibandingkan dengan fungsi yang lain. Sebab itu, Iqbal pernah mengusulkan agar humas di tubuh Polri, menjadi sebuah direktorat agar perannya lebih dapat ditingkatkan.

“Saya pernah usul kepada Kapolri, supaya Humas, menjadi sebuah direktorat di tubuh Polri. Bayangkan kalau tidak kerjasama dengan media, maka apapun kegiatan yang baik kita lakukan tidak akan bisa terlihat, yang terlihat hanya yang negatif saja,” terangnya.

Dia meyakini bahwa Polri, akan semkin disayang masyarakat, karena kerja Humas. Pasalnya, Humas yang menjadi terdepan di tubuh Polri.

“Semua divisi penting, tetapi semua berada di belakang. Hanya Humas, yang bisa membawanya menjadi di depan. Mudahan Polda NTB, kedepan punya media, seperti media TV, dan lain sebagainya,” harapnya.

Oleh sebab itu, pihaknya akan membuat berbagai perubahan untuk meningkatkan kerja seluruh divisi di tubuh Polda NTB.

“Barang siapa yang tidak mau berubah, maka dia akan tertelan oleh zaman,”pungkasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda NTB Irjen Pol Artanto, yang mendapat sanjungan dari Kapolda NTB, merasa lebih semangat untuk menjalankan tugas bidang Kehumasan yang dia kedalaikan sekarang.

Sebagai wujud bahwa Artanto mencintai bagaiannya itu dia menjalin kerja sama dengan semua media, yang ada di NTB.

Dia juga ucapkan terima kasih kepada media, yang telah mendukungnya selama bertugas. Selain itu, ia juga ucapakan selamat kepada seluruh insan Pers, yang sedang merayakan HPN tahun 2021 ini.

“Saya ucapkan beribu terima kasih kepada seluruh rekan rekan media, karena selalu memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Terlebih kepada Polri,” ucapnya saat dikonformasi media, usai acara peringatan HPN tersebut.

Acara itu diakhiri dengan pemotongan tumpeng sebagai tanda perayaan HPN tahun 2021.

Potongan Tumpeng pertama diberikan kepada Kabiro Media Antara NTB, Riza dan dilanjutkan pemberian tumpeng kepada yang lainnya.

Kabiro Antara yang diberikan potongan tumpeng pertama mengucapkan terima kasih kepada Kapolda NTB, karena telah memberikan ucapan kepada media, di hari Pers Nasional ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Kapolda NTB karena telah mengucapkan selamat untuk HPN dan peduli dengan media,” pungkasnya. (Adbravo- LR)

Artikel sebelumyaBangun NTB, Gubernur Minta HMI Berwawasan Global
Artikel berikutnyaKapolres Lotara Pimpin Apel Kesiapan Tenaga Vaksinator dan Tracer Covid-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here