Beranda Daerah KLHK Amankan Ribuan Kayu Sonokeling di Dompu NTB

KLHK Amankan Ribuan Kayu Sonokeling di Dompu NTB

10
0

DOMPU, LintasRakyat.Net – Balai Gakkum KLHK Wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara (Jabalnusra), bersama Dinas LHK Provinsi NTB, Balai KPH Toffo Pajo Soromandi dan satgas masyarakat berhasil mengamankan 1854 batang kayu olahan sonokeling berbentuk balok dan papan yang siap edar dari sebuah gudang di Dusun Mangga Dua, Desa Ranggo, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat pada Jumat, 29 Januari 2021.

Kepala Balai Gakkum KLHK Wilayah Jabalnusra menyatakan kegiatan operasi tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari pengaduan masyarakat terkait adanya aktivitas peredaran dan penimbunan kayu sonokeling yang diduga berasal dari kawasan hutan tanpa izin.

Sementara menurut Ketua Tim Operasi I Made Astra Wijaya Kasi II Kupang, sebelum tim mengamankan ribuan batang kayu illegal loging tersebut berkoordinasi dengan anggota DPRD Kabupaten Dompu, Sekcam Pajo, Babinkamtibmas Desa Ranggo dan Ketua RT. 01 Dusun Mangga Dua, tim operasi peredaran hasil hutan berhasil masuk ke dalam gudang dan berhasil menemukan ribuan tumpukan batang kayu sonokeling yang diduga dipungut secara tidak sah dari dalam kawasan hutan.

“Ya, sampai saat ini belum ada yang mengaku sebagai pemilik gudang dan ribuan batang kayu sonokeling yang ada di dalamnya,”ungkapnya, melalui siaran persnya yang diterima Lintasrakyat.net, Minggu (31/01) siang tadi.

Lebih lanjut, I Made mengatakan bahwa sebelum tim mengamankan ribuan batang kayu tersebut tim berhasil koordinasi dan informasi masyarakat terkait maraknya peredaran hasil hutan kayu secara illegal maka dilakukan pengembangan kegiatan operasi dengan pesawat drone pada Sabtu, 30 Januari 2021.

Dalam pengintaian pesawat drone ditemukan tumpukan ratusan kubik kayu sonokeling dalam bentuk balok yg disembunyikan di semak-semak sekitar kurang lebih 500 meter dari lokasi pergudangan yang diduga dari hasil kejahatan ilegal loging.

Selanjutnya, tambah dia, tim operasi melakukan koordinasi dengan pihak – pihak terkait untuk melakukan pengamanan barang- bukti berupa ribuan batang kayu sonokeling di Kantor Balai KPH Toffo Pajo Soromandi di Dompu. Dalam proses tindak lanjut penegakan hukum tim operasi pada tgl 31 Januari 2021 melimpahkan ke penyidik Balai Gakkum KLHK Wilayah Jabalnusra.

“Ya, pengamanan guna dilakukan proses penyidikan dan mencari pelaku tindak kejahatan pidana lingkungan hidup dan kehutanan beserta jaringannya yang sangat merugikan negara, masyarakat dan ekologi,”pungkasnya. (Zulkarnain – LR)

Artikel sebelumyaAparat TNI – Polri Bantu Warga Korban Puting Beliung Di Kelurahan Arken
Artikel berikutnyaSekjend IKAMI Berharap Abu Janda Diproses, Buktikan Netralitas Polri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here