Beranda Daerah Kades Woro Pimpin Petani Aksi Pembersihan Saluran Irigasi So Tolo Woro

Kades Woro Pimpin Petani Aksi Pembersihan Saluran Irigasi So Tolo Woro

9
0

BIMA, LintasRakyat.Net – Kepala Desa Woro bergandengan tangan dengan Ketua Kelompok Tani So Tolo Woro (Poktan-Sawah Woro) melakukan pembersihan saluran irigasi di lahan persawahan petani So Tolo Woro, Desa Woro, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, NTB, Minggu, 24 Januari 2021 pagi.

Kepala Desa Woro Abdul Farid Ismail, SH menyampaikan kegiatan membersihkan saluran irigasi tersebut dilakukan dengan tujuan agar penyaluran air ke lahan-lahan pertanian dapat lancar sehingga lahan tidak mengalami kurangan air, sekaligus menunjang peningkatan target panen padi guna mensukseskan swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah.

“Diharapkan petani di wilayah Desa Woro pada umumnya dan khususnya petani di Tolo Woro tidak ada yang gagal panen,”ujar Kades.

Dia sangat berharap kepada para petani bila ada suatu permasalahan terkait bidang pertanian bisa segera berkoordinasi dengan Pemdes, Babinsa, dan PPL di lapangan agar sesegera mungkin akan dicarikan solusi permasalahannya tersebut.

“Ya, misalnya ada kelangkaan pupuk, bibit padi atau yang lainnya karena kedudukan Pemdes, Babinsa, dan PPL selaku pendamping pertanian selalu hadir dan ada di tengah- tengah petani,” ungkapnya.

Petani Tolo Woro menyatakan bahwa sebelum, saat, dan sesudah masa tanam padi, Kades bersama Ketua Kelompok Tani serta komponen masyarakat desa lainnya seperti Babinsa, Bhabinkamtibmas, PPL, BPD, dan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) lainnya juga turut serta dalam pembersihan saluran irigasi persawahan seperti hari ini.

Kegiatan pembersihan saluran irigasi ini dilaksanakan oleh Kelompok Tani Tolo Woro (Sawah Woro) bersama Ketua dan anggota Kelompok Tani serta para petani di bawah pimpinan langsung oleh Kepala Desa di lahan persawahan dan sekitar ini.

Saluran irigasi sepanjang sekitar 200 meter selama ini dirasakan manfaatnya masih kurang maksimal sehingga dilakukan pembersihan mulai dari ujung saluran hingga menuju lahan pertanian yang dikelola oleh Kelompok Tani Tolo Woro.

Kesempatan ini juga petani mengucapkan terima kasih kepada Pemdes yang selalu bersedia melakukan pendampingan petani untuk mendukung upaya khusus swasambada pertanian.

“Ya, memang keberadaan irigasi ini sangat dibutuhkan oleh para petani untuk mengairi sawahnya. Mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan maka perawatan saluran irigasi sangat bermanfaat,”ungkapnya. (Habe)

Artikel sebelumyaKepala SDN Inpres Tonda Lapor Dugaan Cemar Nama Baik, Inisial AS Bantah Tegas
Artikel berikutnyaTemukan Sabu 19, 6 Gram, UJ Asal Karijawa Diringkus Dit Resnarkoba Polda NTB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here