Beranda Daerah Bersama Satgas Pam Ops Lilin 2020 Kodim 1608/Bima Amankan Natal dan Tahun...

Bersama Satgas Pam Ops Lilin 2020 Kodim 1608/Bima Amankan Natal dan Tahun Baru

163
0

Bima, LintasRakyat.Net – Kodim 1608/Bima dan Koramil Jajaran melaksanakan Pos Pengamanan Operasi Lilin Gatarin 2020 dalam rangka Pengamanan Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Jumat, 25 Desember 2020.

Pasi Ops Kodim 1608/Bima, Kapten Inf Iwan S. Secara Intens Monitoring dalam Pelaksanaan Pengamanan Gabungan TNI, POLRI, DISHUB DLL berada di beberapa Titik antara lain :

  1. Pos Pelayanan Depan Bandara Sultan Muhammad Salahuddin.
  2. Pos Pelayanan Serasuba.
  3. Pos Pengamanan Amahami.
  4. Pos Pengawasan Pelabuhan Bima.
  5. Pos Pengamanan Pelabuhan Sape.

Di lain tempat, Dandim 1608/Bima, Letkol (Inf) Teuku Mustafa Kamal mengungkapkan pengamanan Natal dan Tahun Baru merupakan tugas bersama aparat keamanan, pemerintah daerah, dan maupun masyarakat.

“Dalam mendukung satuan tugas pengamanan Aparat Kepolisian, Kodim 1608/Bima menurunkan kekuatan 1 SST yang akan bergabung dengan instansi terkait,” ungkapnya.

Dandim mengatakan bahwa personel yang terlibat akan mengamankan gereja-gereja ( PAM MISA ) yang ada di wilayah Kota dan Kab.Bima selama kegiatan Misa dan titik-titik keramaian yang terbagi dalam 5 Pos.

“Selain personel yang tergabung dalam Satgas Pengamanan, Babinsa Kodim 1608/Bima yang wilayahnya terdapat gereja akan bergabung dalam pengamanan, selebihnya tetap bersinergis dengan Bhabinkamtibmas dan masyarakat menjaga stabilitas keamanan di wilayah binaan,” katanya.

Selain melaksanakan pengamanan, Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal dan personil yang bertugas juga akan selalu mengingatkan masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan baik dalam kegiatan peribadatan maupun berlibur.

“Kami bersama tim gugus tugas Covid-19 tetap memprioritaskan penggunaan wajib pakai masker kepada masyarakat di ruang terbuka publik seperti tempat ibadah juga tempat rekreasi, sehingga nantinya masyarakat memiliki disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan, untuk menekan angka terkonfirmasi Covid-19,”terangnya.

Mantan Danyonif Raidersus 744/SYB menambahkan perlu diketahui, pelaksanaan pengamanan ini akan berjalan dengan lancar serta  perlu perhatian dari semua kalangan.

“Ya, Khususnya Masyarakat Mbojo/Bima untuk saling menjaga Kamtibmas dalam menciptakan Bima yang Aman dan Damai,”pungkas pria berdarah Aceh itu.

Sementara Polres Bima Kota, AKBP Haryo Tedjo Wicaksono menyatakan bahwa pihaknya bersama Kodim 1608/Bima selalu memperketat pengamanan Natal 2020 dan persiapan tahun baru 2021, salah satunya memperketat pengamanan di setiap pintu keluar masuk batas kota.

Hal tersebut sebagaimana imbauan yang disampaikan Kapolresta bersama Dandim 1608/Bima Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal di Gereja GMIT Bima Kelurahan Rabangodu, Kecamatan Raba, Kota Bima, Kamis (24/12/ 2020) malam.

Dia juga menjelaskan bahwa pengamanan malam tahun baru pada 31 Desember 2020 mendatang, Satuan Pol PP, Dishub, BPBD, dan Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima akan diterjunkan.

Pihaknya melakukan penyekatan di wilayah Kota Bima. Agar tidak ada yang warga luar Kota Bima memasuki wilayah Kota Bima mulai pukul 18.00-01.00 WITA.

“Adapun penyekatan tersebut dilakukan di batas Kota Lingkungan Niu, Kelurahan Dara, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima dan Terminal Kumbe, Kecamatan Raba, Kota Bima,” terangnya.

Kapolresta pun mengisyaratkan pihaknya akan bersurat kepada Pemkot Bima, yang ditembuskan kepada Dinas Pariwisata, agar cafe maupun tempat hiburan lain, ditutup dari pukul 18.00 WITA.

“Bagi yang bandel akan diambil tindakan hukum lebih lanjut,” jelasnya.

Aparat gabungan juga melakukan razia dengan teknik statis maupun dinamis, yang sasarannya minuman keras (Miras), narkoba, senjata tajam, senjata api, kembang api. Sasaran razia yaitu tempat keramaian umum dan tempat yang berpotensi adanya tindak kejahatan.

“Tanggal 28 Desember akan dilakukan rapat koordinasi bersama untuk pemantapan di Mapolresta Bima,” pungkas Kapolresta Bima. (Fadlu – LR)

Artikel sebelumyaBabinsa Terus Galakkan Himbauan Protokol Kesehatan
Artikel berikutnyaYakinkan Kondusifitas Wilayah Jelang Perayaan Natal Nataru, Dandim 1628/SB Pantau Pos Pengamanan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here