Beranda Daerah Panwascam Madapangga Lantik & Bimtek 64 PTPS, Ketua Bawaslu Tekan Lawan Money...

Panwascam Madapangga Lantik & Bimtek 64 PTPS, Ketua Bawaslu Tekan Lawan Money Politic

109
0

Bima, LintasRakyat.Net – Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan Madapangga melakukan Pelantikan dan bimbingan teknis (Bimtek) terhadap 64 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Aula Gedung Paruga Nae Madapangga, Selasa, 17 November 2020 siang.

Pelantikan dan bimtek 64 PTPS pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima tahun 2020 tersebut dihadiri Ketua Bawaslu Kab. Bima, Komisioner KPU Kab. Bima, PPK, Camat, Polsek Madapangga, dan Danramil 1608-02/Bolo.

Sebelum 64 PTPS dilantik, Ketua Panwascam Muh. Joniansyah memastikan kesiapan PTPS untuk disumpah agar dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan demokratis.

Katanya, 64 PTPS yang akan dilantik dan diberikan bimtek sesat lagi adalah mereka yang dinyatakan lolos sesuai tahapan dan mekanisme aturan sebelumnya. Baik tahapan administrasinya maupun tes wawancara.

“Jadi, saya menegaskan kepada saudara/saudari setelah dilantik nanti dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya dan seadil-adilnya berdasarakan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,”kata Joniansyah.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kab. Bima Abdullah dalam sambutannya menyampaikan selamat terhadap 64 PTPS se – Kecamatan Madapangga.

Menurutnya, 64 PTPS yang barusan dilantik dan disumpah di hadapan Muspika Kec. tadi adalah salah satu komposisi terpenting untuk membantu pihak Bawaslu dalam mengawasi prosesi Pilkada Kab. Bima digelar KPU pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Iya, tentu dalam halnya yakni memastikan sesuatu yang diawasinya sesuai tugas dan kewenangannya selama proses penyelenggaraan Pilkada berlangsung,”ujarnya.

Katanya, seorang pengawas harus memiliki komitmen untuk meningkatkan soliditas dengan internal lembaga, menjaga integritas diri sebagai pengawas yang jujur, adil, independen, memiliki mentalitas, serta bekerja secara profesional.

Abdullah mengatakan bahwa yang harus diketahui dan dipahami PTPS di dalam penyelenggaraan Pemilu maupun Pilkada ada empat komposisi terpenting untuk mewujudkan Pemilu yang berkualitas dan bermartabat. Baik penyelenggara, pemerintah, keamanan, dan maupun pemilih.

“Iya, tentu sinergitas empat komposisi tersebut menjadi kunci utama terwujudnya Pilkada yang berkualitas dan bermartabat,”ujar Abdullah.

Abdullah menegaskan keberadaan semua komposisi terlebih lagi PTPS yang baru saja dilantik dituntut untuk lebih optimal atas amanah yang diembanya.

“Iya, jangan melihat berapa nominal diraih atau didapat, tetapi makna daripada sumpah dan janjinya yang telah dikrarkan dengan suara tegas dan lantang akan dipertanggungjawabkannya. Tanggung jawab atas dunia dan lebih lagi tanggung jawab terhadap Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,”tegasnya.

Ia pun menegaskan pastikan tidak ada tindakan money politic dan pelanggaran lain sebagaimana diatur ketentuan. Entah itu dilakukan Paslon pun Timnya.

“Lawan money politik maupun pelanggaran lainnya. Katakan salah ketika salah. Jangan pernah takut untuk mengatakan sesuatu yang benar walau itu pahit,”tegasnya lagi.

Pria 8 tahun menjadi Pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) itu menyebutkan kebenaran itu mutlak dan tidak dapat digoyahkan oleh siapapun, walau langit pun jadi runtuh.

“Komitmen dan konsistensi penyelenggara guna untuk melahirkan pemimpin yang benar-benar sesuai pilihan nurani rakyat. Nasib rakyat ada pada pundak-pundak saudara pun saudari semuanya, dan bukan di tangan orang lain,”terangnya.

Eby sapaan akrabnya menambahkan pelaksanaan Pilkada tahun 2020 ini mengalami pergeseran. Baik pergeseran waktu maupun regulasinya, karena itu semua diakibatkan adanya pandemi COVID-19 melanda negara dan tanah air.

“Oleh karenya demikian, saya berharap kepada kita semua untuk tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19 minimal memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan lebih lagi memastikan pemilih memakai masker saat pemungutan suara,”tutup Abdullah.

Hingga berita ini dirilis tampak terlihat 64 PTPS diberi bimbingan teknis (Bimtek) untuk membekali PTPS tersebut agar menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai ketentuan. Bimtek diberikan oleh Ketua Panwascam pun Ketua PPK Madapangga hingga selesai. (RED)

Artikel sebelumyaHabib Rizieq Shihab Disebut Psikopat oleh Pengamat Intelijen Suhendra Hadiekuntono
Artikel berikutnyaKades Woro Dilapor, Bawaslu Nyatakan Tidak Terpenuhi Unsur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here