Beranda Peristiwa Putusan Bawaslu Wajib Dijalankan KPUD Dalam Waktu Tiga Hari Sejak Putusan Dibacakan

Putusan Bawaslu Wajib Dijalankan KPUD Dalam Waktu Tiga Hari Sejak Putusan Dibacakan

124
0

Dompu, Lintas Rakyat.Net – Ketua Tim Kuasa Hukum Paslon Bupati dan Wakil Bupati Dompu H. Syaifurahman Salman dan Ika Veryani (SUKA), Kisman Pangeran, SH menyatakan bahwa hasil sidang putusan perkara antara bapaslon SUKA dan KPUD di Kantor Bawaslu Kabupaten Dompu pada Sabtu, 10 Oktober 2020 kemarin dimenangkan oleh SUKA.

Sidang putusan tersebut yakni terkait pencalonan SUKA yang sebelumnya dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh KPUD tertanggal 24 Oktober 2020. Dengan adanya putusan Bawaslu yang memenangkan gugatan SUKA, maka KPUD wajib mematuhinya.

“Seluruh permohonan SUKA dikabulkan Bawaslu. KPUD harus sesecepatnya untuk membatalkan kembali keputusan sebelumnya dan menetapkan SUKA sebagai paslon yang ikut kompetisi Pilkada 9 Desember 2020 mendatang,”ungkap Kisman ketika dikonfirmasi melalui pesan WhatsAppnya, Minggu (11/9).

Lanjut Kuasa Hukum Handal itu, putusan yang dimenangkan SUKA dalam perkara melawan KPUD yang intinya Bawaslu
menerima dan mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya, membatalkan SK KPU NO.92/2020, menyatakan pasangan SUKA memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2020, dan memerintahkan KPUD untuk segera menetapkan paslon SUKA sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2020.

“KPUD segera menindaklanjuti putusan itu secara cepat. KPUD tidak boleh membangkang, wajib jalankan putusan Bawaslu dalam waktu 3 hari sejak putusan dibacakan. Karena KPUD tidak boleh mengajukan upaya banding,”pungkas pria yang tegas, lugas, dan komunikatif itu.

Sementara pihak KPUD pun Bawaslu belum dapat dikonfirmasi hingga berita ini diturunkan. (RED)

Artikel sebelumyaBerkas Pembunuhan Terhadap Iskandar Manggeasi Sudah Lengkap (P-21)
Artikel berikutnyaGuna Wujudkan Pilkada Yang Aman dan Sejuk, Polres Dompu Giat Rutin Binrohtal Yasinan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here